Cranachan Adalah...

Minggu, 18 Mei 2008

Tulisan ini merupakan terjemahan dari artikel di sini.

.. Makanan penutup dari Scotland. Aslinya disajikan saat panen di musim panas namun sekarang dapat ditemukan di mana saja, Cranachan terdiri dari campuran krim kocok, wiski, madu, dan raspberry segar ditaburi dengan toasted oatmeal (eh, toast itu bahasa Indonesianya apa yah? Masak panggang? Lah bedanya sama grill apa? Tauk ah gelap). Makanan penutup ini sangat ringan, tidak terlalu manis, indah untuk disajikan, gampang dibuat, dan campuran blueberries, strawberries, raspberries dan blackberries juga dapat digunakan untuk mendapatkan efek yang bagus. Jadi gak harus melulu pakai raspberries.

Secara traditional, aslinya Cranachan disajikan dengan cara membawa seluruh bahan dasar di atas meja sehingga setiap orang dapat mencampur dan membuatnya. Gelas tinggi merupakan bagian dari presentasi (dari Wikipedia).

Ini adalah dessert yang bahan seorang amatir pun dapat membuatnya. Kalau misalnya kamu salah mencampurkannya, tuangkan saja wiski lebih banyak, dijamin rasanya enak

A
ku mengkutip resep dari Undiscovered Scotland, dan ini dia:

Ingredients (serves two):
»Approx 300g/10½oz raspberries (strawberries can also be used).
» 280ml/10 floz/one cup double (heavy) cream.
» 2 tablespoons good quality honey.
» 2 tablespoons single malt whisky.
» 2-3 tablespoons of oatmeal.

Method:
1. Letakkan oatmeal di atas panci dingin dan kering, panaskan hingga mendidih. Aduk sesekali sampai oatmeal menjadi kuning keemasan. Proses ini membutuhkan waktu 10-20 menit.

2. Saat oatmeal telah menjadi kuning keemasan, matikan api dan biarkan dingin di dalam panci.

3. Letakkan krim di dalam mangkuk dan kocok sampai menjadi lembut dan agak kental.

4. Tambahkan madu dan wiski dan aduk dengan pengkocok sampai menjadi lembut dan creamy.

5. Ambil beberapa raspberries ntuk dekorasi dan masukkan tiga atau empat biji ke dasar gelas, sisakan beberapa untuk dekorasi final.

6. Tambahkan raspberries ke dalam campuran krim, dan campurkan dengan hati-hati, pecahkan beberapa buah untuk menjadikan campuran krim berwarna merah muda pucat.

7. Letakkan campuran di dalam serving glass, kemudian tambahkan krim di atasnya sebagai dasar untuk oatmeal.

8. Dengan menggunakan teaspoon, taburkan oatmeal di atas dessert secara merata. Tambahkan raspberries untuk sentuhan final, dan dinginkan di dalam kulkas selama 3 jam, atau semalam.

Gampang ya. Ayu pasti bisa (lho, kog jadi Ayu yang harus buat, hehehe...).

**Click on the first two pictures to go to their original websites. The last picture belongs to Undiscovered Scotland.

1 komentar:

Ayu mengatakan...

Hmm, jadi pengen nyobain nih, mbak ;) Gantinya whisky apa ya, mbak? Rhum, bisa?

Oia, Mbak.. aku skalian mau minta maaf banged-banged. Pertama, aku minta maaf karena baru bisa ngabarin sekarang ttg STP (deuh, telad banged deh, Yu).

Kedua, aku minta maaf karena aku tdk dpt menyanggupinya, dikarenakan satu dan lain hal. Maaf ya, mbak. Semoga mbak Nit dpt memakluminya yaa :-I