Wise Baby Says...

Minggu, 23 Desember 2007

Mumpung lagi di Jakarta karena udah musim liburan, oom dan tante-nya Kiky yang sekarang sedang menimba ilmu di Bandung, mau puas-puasin main bareng ponakan. Yuhuuuu Kiky, here we come... :)

Pertama kali nyampe Jakarta -- berhubung udah nyaris dua bulan ngga balik ke Jakarta -- rada pangling juga pas liat Kiky, lhoo... kok raut wajahnya udah berubah yaa?? Rasanya kok jadi lebih wise (sahh...) Iya dong, kan Kiky tanggal 22 Desember kemaren udah genap merayakan ulang bulannya yang ke-lima. 5 bulan Ky!! Ahahaha... Selamat nak!

Nah, ngomong-ngomong, bayi 5 bulan udah bisa apa aja ya?
Mari kita runut...

1 bulan -

  • Bayi baru bisa melihat dalam jarak sekitar 22 cm
    -- jarak yang pas untuk melihat sang ibu saat digendong maupun disusui -- hal ini dikarenakan oleh perkembangan otot mata yang masih belum sempurna,
  • Otot leher masih dalam tahap penguatan,
    alias masih belum bisa dongak, jadi lebih baik leher bayi selalu dipegang saat digendong.

2-3 bulan -
  • Bayi mulai dapat melihat dengan jarak pandangan yang lebih jauh, dan mulai tertarik dengan benda-benda berwarna terang di sekitarnya.
  • Mulai bisa mendongak, walaupun tetap masih harus didukung.
  • Mulai belajar untuk mengeluarkan suara-suara, walaupun masih terdengar seperti suara berkumur.
  • Sudah lebih responsif apabila diajak mengobrol.
    Cobalah untuk mengajak bayi Anda mengobrol, seperti "Wah Kiky, hari ini udah ngapain aja? Mau cerita apa?" Dan akan dibalas dengan senyuman atau malah tertawa! :) Sering-seringlah mengobrol dengan bayi Anda!

4-6 bulan -
  • Mulai bisa mengeluarkan suara-suara yang lebih jelas, seperti "buh" atau "dah".
  • Dapat meniru ekspresi wajah. Sudah bisa diajak becanda sampai dia tertawa tergelak-gelak.
  • Bayi kian terbiasa dengan jadwal rutin seperti mandi, minum susu, tidur, dan sebagainya. Jadwal tidurnya kini lebih teratur, tidur lebih lama di malam hari, dan terjaga lebih lama di siang hari.
  • Sudah bisa duduk dengan tegak, dan otot leher yang sudah jauh lebih kuat memberinya keahlian untuk mendongak melihat sang penggendong.
  • Tertarik dengan warna-warna terang dan bunyi-bunyian yang nyaring.

Dannnn...
Inilah salah satu keahlian lain Kiky di usia 5 bulan:

*drum rolls please*
...
...
...

Mengerucutkan bibir sambil menyembur-nyemburkan ludah!

wise baby said... "Puuhh!!", "Bruffpphh!!"

Hahahaha!!
Kiky.. Kikyyy...
Anak yang sangat pintarrrr...
Kok bisa lucu buangettt sihh??
kita tidak akan pernah bosan melihatmuuuuu!! X*


Selamat Ulang Bulan Ky! :)


-----

PS. ngomong-ngomong, info tentang 'urutan perkembangan bayi' itu aku dapet dari internet, jadi bagi para ibu dan calon ibu harap mengkonfirmasi ulang tentang hal tersebut yaa... Hehehe... Kan ngeri kalo ternyata aku salah ngambil literatur.

Like Mother, Like Daughter

Rabu, 19 Desember 2007

Gak tau apa yang terlintas di benakku saat itu, tapi dalam pengaruh beberapa gelas vodka-tonik seusai bergoyang di X-2, aku berpose dengan cerianya..... dengan bapak-bapak satpam di Plaza Senayan itu. Satu satpam ketiban rejeki karena jadi figuran sesaat, diminta foto berdua denganku. Tentu saja teman-teman semua segera menjauh karena malu, malu, malu. Norak banget sih, kata mereka. "Lho, beginian ini gak ada di Scotland, rek," alasanku begitu. Ya tapi kenapa aku memilih satpam sebagai korban, gak jelas juga. Yang pasti para satpam itu happy kog diajak mejeng. Apalagi tuh yang seorang diri mejeng sama aku, wah senangnya bisa ngerangkul cewek, pasti dia mikir gitu. Kapan lagi?


momandguardPhotobucket Eeeh, pas ngeliat-liat foto-foto bulan lalu, kog ketemu ini. Nah, selain mungkiiiiin, subconsciously foto ini yang jadi biangnya, dipikir-pikir kan sama saja noraknya! Di Indonesia gak ada petugas jaga pakai topi bulu-bulu mirip konde setinggi 2 meter, makanya nyokap langsung pasang aksi di sebelahnya. Begitu nampak bagpiper man, langsung juga beliau bergaya di sebelahnya (cuma kali ini harus ngasih koin, namanya juga orang ngamen. Tuh kan, di sini mana mau kalian berpose dengan pengamen kecuali kalau pengamennya Tora Sudiro?).

Ngomongin soal Tora, trus, entah kenapa juga malam itu harus berpose lebih norak lagi di sebelah poster gedenya Tora Sudiro (itu Tora kan?). Secara bukan fans pula kog. Secara di situ tampangnya dangdut orjadul lengkap dengan kacamata item dan kumis tipis menggemaskan jijay. Eehhh begitu ngeliat foto yang lain, nemu nyokap sama Mel Gibson yang berpose kayak udah siap beraksi (jangan lupa, cowok kalau pakai kilt gak pake celana dalam! Takut dong kalo dia kesandung, jatuh, dan mepertontonkan juniornya!). Bedanya satunya foto satunya makhluk hidup, satunya bintang lokal Indonesia satunya Hollywood star, satunya asli satunya aspal.

Wah ternyata air di atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Kacang tak lupa pada kulitnya. Lain padang lain belalang. Kalau sudah ada sumur bolehlah menumpang mandi. Harimau mati meninggalkan belang. Ibu anak sama saja!